PEMBELAJARAN
DAN ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Nama Mapel : BAHASA DAERAH
Fase/Kelas : D/ VII
Nama Sekolah : UPT SMP Islam Al-Fattahiyyah
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
Elemen |
Capaian Pembelajaran |
Kompetensi |
Konten (Lingkup Materi) |
Tujuan Pembelajaran |
|
Menyimak |
Peserta didik mampu menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran,
perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat dari berbagai jenis teks
(nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam bentuk monolog, dialog, dan
gelar wicara. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar. |
Mampu menganalisis dan memaknai informasi
berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang tepat
dari berbagai jenis teks (nonfiksi dan fiksi) audiovisual dan aural dalam
bentuk monolog, dialog, dan gelar wicara. Mampu mengeksplorasi dan
mengevaluasi berbagai informasi dari topik aktual yang didengar. |
Teks tanggapan deskriptif |
1. Menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan,
pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang terdapat dalam teks tanggapan deskripsi melalui kegiatan menyimak. |
|
Teks profil tokoh |
2. Menganalisis dan memaknai
informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan
atau pesan yang terdapat
dalam teks profil tokoh yang dibacakan |
|||
|
Teks cerita wayang |
3.
Menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang terdapat
dalam teks cerita wayang yang dibacakan |
|||
|
Teks lagu kreasi |
4.
Mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari teks lagu kreasi yang disimak |
|||
|
Puisi |
5.
Mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari teks puisi yang dibacakan |
|||
|
Tembang macapat |
6.
Mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari teks tembang macapat yang dibacakan |
|||
|
Aksara Jawa |
7.
Mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari aksara Jawa yang disimak |
|||
|
Teks cerita rakyat |
8.
Menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang terdapat
dalam teks cerita rakyat yang dibacakan |
|||
|
Membaca dan Memirsa |
Peserta didik memahami informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks
deskripsi, narasi, puisi, eksplanasi dan eksposisi (cerkak/carpan,
cerita wayang/ topèng ḍhâlâng, geguritan/puisi, pacelathon/ḍhâ-kanḍhâ,
tembang kreasi dan macapat/ tembhâng acapat/laghu kreasi) yang beraksara latin dan /atau Aksara Jawa/carakan
Madhurâ, teks visual untuk menemukan makna yang tersurat dan tersirat.
Peserta didik menginterpretasikan informasi untuk mengungkapkan simpati,
kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra secara santun (unggah-ungguh/tata
krama) dari teks visual. Peserta didik mampu
mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan
dipirsa. |
Memahami informasi berupa gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dari berbagai jenis teks deskripsi, narasi,
puisi, eksplanasi dan eksposisi (cerkak/carpan,
cerita wayang/topèng ḍhâlâng, geguritan/puisi, pacelathon/ḍhâ-kanḍhâ, tembang
kreasi dan macapat/tembhâng acapat/laghu kreasi) yang beraksara latin dan /atau Aksara Jawa/carakan
Madhurâ, teks visual untukm enemukan makna yang
tersurat dan tersirat. Menginterpretasikan informasi untuk mengungkapkan
simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra secara santun (unggah-ungguh/tata
krama) dari teks visual. Mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik aktual yang dibaca dan dipirsa. |
Strutur teks tanggapan deskriptif |
1.
Memahami informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari struktur teks
tanggapan deskripsi yang dibaca |
|
Struktur teks profil tokoh |
2.
Memahami informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari struktur teks
profil tokoh yang dibaca |
|||
|
Strutur tek cerita wayang |
3.
Memahami informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari struktur teks
cerita wayang yang dibaca |
|||
|
Struktur teks lagu kreasi |
4. Mengeksplorasi dan mengevaluasi struktur teks lagu kreasi yang dibaca dan dipirsa. |
|||
|
Struktur teks puisi |
5. Mengeksplorasi dan mengevaluasi struktur teks puisi yang dibaca dan
dipirsa |
|||
|
Struktur teks tembang macapat |
6.
Mengeksplorasi dan
mengevaluasi struktur
teks tembang macapat yang dibaca dan
dipirsa |
|||
|
Aksara jawa |
7. Mengeksplorasi
dan mengevaluasi kalimat sederhana aksara Jawa yang dibaca |
|||
|
Cerita rakyat |
8.
Menginterpretasikan informasi struktur teks cerita
rakyat yang dibaca |
|||
|
Berbicara dan Mempresentasikan |
Peserta didik mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan untuk
tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan
dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif sesuai dengan tata krama. Peserta didik mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang menggunakan basa
rinengga/ lalongèt untuk berbicara dan menyajikan gagasan sesuai unggah-ungguh
basa atau onḍhâgghâ bhâsa. Peserta didik mampu berdiskusi secara aktif, kontributif, efektif,
dan santun. Peserta didik mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Peserta didik mampu mengungkapkan dan mempresentasikan berbagai topik aktual secara kritis. |
Mampu menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan untuk tujuan pengajuan usul, pemecahan masalah, dan pemberian solusi secara lisan dalam bentuk monolog dan dialog logis, kritis, dan kreatif sesuai dengan tata krama. Mampu menggunakan dan memaknai kosakata baru yang menggunakan basa
rinengga/lalongèt untuk berbicara dan menyajikan gagasan sesuai unggah-ungguh
basa atau onḍhâgghâ
bhâsa. Mampu berdiskusi secara aktif, kontributif,
efektif, dan santun. Mampu menuturkan dan menyajikan ungkapan simpati, empati, peduli, dan penghargaan dalam bentuk teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. Mampu mengungkapkan dan mempresentasikan
berbagai topik aktual secara kritis. |
Teks tanggapan deskriptif |
1.
Menyampaikan gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dalam bentuk teks tanggapan deskripsi secara kritis, dan kreatif sesuai dengan tata krama. |
|
Teks profil tokoh |
2. Berdiskusi tentang teks profil tokoh secara aktif, kontributif,
efektif, dan santun. |
|||
|
Teks wayang |
3. Menuturkan dan menyajikan
teks cerita wayang dalam bentuk teks
fiksi melalui teks multimoda. |
|||
|
Teks lagu kreasi |
4. Menuturkan dan menyajikan
teks lagu kreasi dalam bentuk teks
fiksi melalui teks multimoda. |
|||
|
Puisi |
5.
Menuturkan dan
menyajikan teks puisi dalam bentuk
teks informatif dan fiksi melalui teks multimoda. |
|||
|
Tembang macapat |
6. Menuturkan dan menyajikan
teks tembang macapat dalam bentuk teks informative dan fiksi melalui
teks multimoda. |
|||
|
Aksara jawa |
7. Menggunakan dan memaknai kosakata baru yang menggunakan basa
rinengga/lalongèt untuk berbicara dan menyajikan gagasan sesuai unggah-ungguh
basa. |
|||
|
Cerita rakyat |
8. Menuturkan dan menyajikan
teks cerita wayang dalam bentuk teks
fiksi melalui teks multimoda. |
|||
|
Menulis |
Peserta didik mampu menulis gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis,
kritis, dan kreatif menggunakan huruf latin dan Aksara Jawa/Carakan Madhurâ. Peserta didik mampu menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan
pendapat pro/kontra sesuai unggah-ungguh
basa/tata krama dalam memberikan penghargaan secara tertulis
dalam teks multimoda. Peserta didik mampu menulis dan mengembangkan kosakata baru dengan menggunakan basa
rinengga/lalongèt untuk menyajikan gagasan sesuai unggah-ungguh basa/onḍhâgghâ bhâsa. Peserta didik mampu menulis berdasarkan fakta, pengalaman,
imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk gancaran/ghâncaran,
geguritan /puisi serta tembang
macapat/tembhâng macapat menggunakan kosa kata secara kreatif. |
Mampu menulis gagasan, pikiran, pandangan,
arahan atau pesan tertulis untuk berbagai tujuan secara logis, kritis, dan
kreatif menggunakan huruf latin dan Aksara Jawa/Carakan Madhurâ. Mampu
menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati, peduli, dan pendapat pro/kontra sesuai unggah-ungguh basa/tata krama dalam memberikan penghargaan secara tertulis dalam teks multimoda. Mampu menulis dan mengembangkan kosakata baru dengan menggunakan basa
rinengga/lalongèt untuk menyajikan gagasan sesuai unggah-ungguh basa/onḍhâgghâ bhâsa. Mampu menulis berdasarkan fakta, pengalaman, imajinasi secara
indah dan menarik dalam bentuk gancaran/ghâncaran,
geguritan /puisi serta tembang
macapat/ tembhâng macapat menggunakan kosa kata secara kreatif. |
Teks tanggapan deskriptif |
1.
Menulis gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan tertulis teks tanggapan deskriptif secara logis, kritis, dan kreatif. |
|
Teks profil tokoh |
2.
Menyampaikan ungkapan rasa
simpati, empati, peduli, dan |
|||
|
Teks wayang |
3. Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis teks wayang secara logis, kritis, dan
kreatif |
|||
|
Teks lagu kreasi |
4.
Menulis berdasarkan fakta,
pengalaman, imajinasi secara indah dan menarik dalam bentuk teks
lagu kreasi menggunakan kosa kata secara kreatif. |
|||
|
Puisi |
5. menulis berdasarkan fakta, pengalaman, imajinasi secara indah dan
menarik dalam bentuk geguritan /puisi menggunakan kosa kata secara kreatif. |
|||
|
Tembang macapat |
6. Menulis berdasarkan fakta, pengalaman, imajinasi secara indah dan
menarik dalam bentuk tembang macapat menggunakan kosa kata secara
kreatif. |
|||
|
Aksara Jawa |
7.
Menulis dan mengembangkan
kosakata baru dengan menggunakan basa
rinengga/lalongèt untuk
menyajikan gagasan sesuai unggah-ungguh
basa. |
|||
|
Cerita rakyat |
8.
Menyampaikan ungkapan rasa
simpati, empati, peduli, dan
pendapat pro/kontra sesuai unggah-ungguh
basa/tata krama
dalam memberikan penghargaan
secara tertulis dalam teks
multimoda. |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
Kelas/SMT: VII/Ganjil
|
Kode |
Tujuan Pembelajaran |
Profil Pelajar
Pancasila |
JP |
|
7.1.1 |
Menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan,
pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang terdapat dalam teks tanggapan deskripsi melalui kegiatan menyimak. Memahami informasi berupa gagasan, pikiran,
pandangan, arahan atau pesan dari struktur
teks tanggapan deskripsi yang dibaca Menyampaikan gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dalam bentuk teks tanggapan deskripsi
secara kritis, dan kreatif sesuai dengan tata krama. Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis teks tanggapan deskriptif secara logis, kritis, dan kreatif. |
Bergotong royong. Mandiri. Bernalar kritis. Kreatif. |
4 |
|
7.1.2 |
Menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang terdapat dalam teks profil tokoh yang dibacakan Memahami informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari struktur teks profil tokoh yang dibaca Berdiskusi tentang teks profil tokoh secara
aktif, kontributif, efektif, dan santun. Menyampaikan ungkapan rasa simpati, empati,
peduli, dan pendapat pro/kontra sesuai unggah-ungguh
basa/tata krama dalam memberikan penghargaan secara tertulis
dalam teks multimoda. |
Berkebhinekaan global. Mandiri. Bernalar kritis. Kreatif. |
5 |
|
7.1.3 |
Menganalisis dan memaknai informasi berupa gagasan, pikiran, perasaan, pandangan, arahan atau pesan yang terdapat dalam teks cerita wayang yang
dibacakan Memahami informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan dari struktur teks cerita wayang yang dibaca Menuturkan dan menyajikan
teks cerita wayang dalam bentuk teks
fiksi melalui teks multimoda Menulis gagasan, pikiran, pandangan, arahan atau pesan tertulis teks wayang secara logis, kritis, dan kreatif |
Berkebhinekaan global. Mandiri. Bernalar kritis. Kreatif. |
5 |
|
7.1.4 |
Mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai informasi dari teks
lagu kreasi yang disimak Mengeksplorasi dan mengevaluasi struktur
teks lagu kreasi yang dibaca dan dipirsa. Menuturkan dan menyajikan teks lagu kreasi dalam bentuk teks fiksi melalui teks multimoda. Menulis berdasarkan fakta, pengalaman, imajinasi secara indah dan
menarik dalam bentuk teks lagu kreasi menggunakan kosa kata secara kreatif. |
Berkebhinekaan global. Bergotong royong. Mandiri. Kreatif. |
5 |
|
Nama Pengajar |
Farahanna Juliani, S. Pd |
|
Nama Instansi |
SMP Islam
Al-Fattahiyyah |
|
Kelas |
VII |
|
Jumlah JP |
2 JP |
|
Fase Capaian |
D |
|
Elemen |
Membaca dan Memirsa |
|
Capaian Pembelajaran |
Peserta didik memahami informasi berupa
gagasan, pikiran, pandangan, arahan
atau pesan dari
berbagai jenis teks
deskripsi, narasi, puisi,
eksplanasi dan eksposisi (cerkak/cerpen, cerita
wayang/topeng dhalang, geguritan/puisi, pacelathon/dha-kandha, macapat/tembhang macapat) yang beraksara latin dan
/atau Aksara Jawa/Carakan Madura, teks visual untuk menemukan makna
yang tersurat dan tersirat. Peserta
didik menginterpretasikan informasi
untuk mengungkapkan simpati, kepedulian, empati atau pendapat pro dan kontra
secara santun (unggah-ungguh/tata karma)
dari teks visual. Peserta didik mampu mengeksplorasi dan mengevaluasi berbagai topik
aktual yang dibaca dan dipirsa. |
|
Tujuan Pembelajaran |
Peserta didik dapat menulis dan membaca aksara legena dan sandangan swara
dengan kaidah yang benar dan dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari |
|
Pertanyaan Pemantik |
Peserta didik
diajak berdiskusi tentang aksara Jawa,
kemudian diberi pertanyaan pemantik. 1.
Apa sing kok ngerteni ngenani aksara Jawa? 2. Ana pira cacahe aksara
legena? 3. Apa sing kok ngerteni
ngenani sandhangan swara sajrone aksara Jawa? |
|
Pemahaman Bermakna |
Peserta didik dapat
akan menerima manfaat
mengikuti proses pembelajaran ini sebagi berikut
: 1. Peserta didik
dapat menuliskan wujud aksara Jawa dan sandangan sesuai kaidah penulisannya 2. Peserta didik
dapat menggunakan sandhangan swara dalam penulisan kata atau |
|
Profil Pelajar Pancasila |
1. Beriman, Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan
Berakhlak Mulia 2. Gotong Royong 3. Mandiri 4. Bernalar Kritis |
|
Pendekatan |
Saintifik |
|
Model
Pembelajaran |
Kooperatif |
|
Metode Pembelajaran |
Diskusi |
|
Strategi
Pembelajaran |
Peer
Teaching |
|
Moda Pembelajaran |
Luring |
|
Asesmen |
Sumatif (Kelompok) |
|
Target Peserta didik |
Reguler / umum |
|
Media |
Aksara Jawa dan sandhangan,
Power Point, vidio |
|
Alat |
1. Laptop 2. Proyektor 3. Pulpen dan
spidol |
|
Sumber Belajar |
1. Adipitoyo,
Sugeng. 2022. Kenalan Karo Aksara Jawa.
Surabaya: Unesa. 2. Darusuprapta.
1996. Pedoman Penulisan Akasara Jawa.
Yayasan Pustaka Nusatama. 3. Poerwadarminto,
W. J. S. 1939. Baoesastra Djawa. Batavia:
J.B. Wolters |
|
Kegiatan Pendahuluan (5
menit) |
|
1.
Guru
mengucap salam pembuka dan berdoa untuk memulai
pembelajaran 2.
Guru menanyakan kabar tentang kesehatan peserta
didik 3.
Guru mengecek kehadiran peserta didik 4.
Guru dan peserta didik
menyiapkan secara psikis
dan fisik untuk
mengikuti proses pembelajaran. 5.
Guru memberikan motivasi kepada para peserta didik
bahwa tidak sesulit itu belajar
bahasa Jawa 6.
Guru mengajukan pertanyaan yang berkaitan dengan aksara Jawa kepada para peserta didik sebagai bentuk
pengetahuan awal guru atas
kemampuan para peserta didik. (apersepsi) 7.
Guru menjelaskan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai, guru
menjelaskan penilaian yang akan dicapai dalam pertemuan ini, guru menyampaikan manfaat mempelajari
aksara jawa dan guru memberi gambaran langkah-langkah yang akan dilakukan
dalam pembelajaran hari ini |
|
Kegiatan Inti (20 menit) |
|
|
Sintak Model Pembelajaran |
Kegiatan Pembelajaran |
|
Pemberian Rangsangan
(Stimulation) |
1. Guru
menayangkan PPT yang berisi materi aksara Jawa dan sandhangan swara 2. Siswa mengamati huruf aksara Jawa yang
disajikan dalam bentuk PPT 3.
Guru membagi siswa ke dalam
6 kelompok dan membagi LKPD 4.
Siswa berdiskusi dengan anggota kelompoknya dan guru melakukan tanya jawab dengan
siswa (Kolaborasi 4C) |
|
Pernyataan/Identifikasi Masalah |
1. Siswa saling
memberi masukan tentang
bagaimana menggunakan sandhangan dalam penulisan aksara Jawa |
|
Pengumpulan Data
(Data Collection) |
1. Guru memberikan siswa kartu yang berisikan soal membaca dan menulis
aksara Jawa (aksara legena dan sandhangannya) 2. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk
menganalisis soal yang telah dibagikan oleh guru dengan diskusi klompok |
|
Pengolahan Data (Data Processing) |
1. Siswa berdiskusi untuk memecahkan masalah yang diberikan oleh guru |
|
Menarik Kesimpulan/Generalisasi |
1. Siswa bersama
guru menyelaraskan pemahaman |
|
Kegiatan Penutup (5
menit) |
|
1.
Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari hari
ini (mengomunikasikan) 2.
Guru dan peserta didik melakukan refleksi tentang pembelajaran yang telah dilakukan
hari ini 3.
Guru memberikan
apresiasi kepada peserta didik yang sudah menyelesaikan tugas (mengerjakan soal ) dengan baik 4.
Guru memberikan informasi untuk
pertemuan selanjutnya materi
cerkak lainnya 5. Kegiatan
pembelajaran di tutup dengan
doa dan Guru mengakhiri pembelajaran dengan
mengucapkan salam penutup. (PPK – Religius) |
|
Mengetahui, |
Tulungagung, September 2022 |
|
Kepala SMP
Islam Al-Fattahiyyah |
Guru Mata
Pelajaran Bahasa Jawa, |
|
H. Syafi’, M. Pd NIP 19780922 200901 1 004 |
Farahanna Juliani NIP.- |
ASESMEN
1.
ASESMEN DIAGNOSTIK NON KOGNITIF
|
No |
Pitakonan |
|
1 |
Kepriye kabarmu dina iki? |
|
2 |
Apa wis padha sinau ngenani aksara Jawa
mambengi? |
|
3 |
Pangarep-arep
apa sing kok pengini sawise sinau ngenani aksara Jawa? |
2.
ASESMEN DIAGNOSTIK KOGNITIF
|
No |
Pitakonan |
|
1 |
Apa sing
kok ngerteni ngenani aksara Jawa? |
|
2 |
Sebutna
aksara legena sing kok weruhi! |
|
3 |
Sebutna
apa wae sing kalebu sandhangan swara sajrone aksara Jawa! |
Penilaian sikap (profil pelajar pancasila) berupa
observasi saat menyimak materi wujud dan kaidah penulisan aksara Jawa (kritis) dan melakukan diskusi kelompok dalam menulis kalimat sederhana beraksara Jawa (gotong royong, kritis)
1.
Penilaian Sikap
Pengamatan Individu saat menyimak materi
wujud dan kaidah
penulisan aksara Jawa
Lembar Observasi
|
No |
Aspek yang dinilai |
Teknik penilaian |
Waktu penilaian |
Instrumen |
|
1 |
Kreatif |
Pengamatan |
Proses dantugas |
Lembar observasi |
|
2 |
Mandiri |
Pengamatan |
Tugas |
Lembar observasi |
|
3 |
Bernalar Kritis |
Pengamatan |
Proses |
Lembar observasi |
|
4 |
Gotong royong |
Pengamatan |
Proses |
Lembar Observasi |
|
No |
Nama |
Profil Pelajar Pancasila |
Jumlah Skor |
Nilai |
Keterangan |
||
|
Kreatif |
Mandiri |
Kritis |
|||||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
|
|
|
|
|
|
|
Pengamatan Kelompok
dalam menulis kalimat
sederhana beraksara Jawa
Pengamatan Kelompok dalam menganalisis kalimat
sederhana beraksara Jawa beserta sandhangannya
|
No |
Kelompok |
Profil Pelajar Pancasila |
Jumlah Skor |
Nilai |
Keterangan |
||
|
Kreatif |
Gotong Royong |
Kritis |
|||||
|
1 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
|
|
|
|
|
|
|
*) Berilah Tanda centang (v) pada kolom nilai sesuai dengan aktifitas di kelas.
LEMBAR PENILAIAN SIKAP
|
No |
Sikap |
Kriteria |
Skor |
|
1 |
Kreatif |
1. Sangat sering
menunjukkan sikap kreatif |
4 |
|
|
|
2. Sering
menunjukkan sikap kreatif |
3 |
|
|
|
3. Pernah
menunjukkan sikap kreatif |
2 |
|
|
|
4. Tidak
pernah menunjukkan sikap
kreatif |
1 |
|
2 |
Mandiri |
1.
Sangat sering menunjukkan sikap mandiri |
4 |
|
|
|
2. Sering
menunjukkan sikap mandiri |
3 |
|
|
|
3. Pernah
menunjukkan sikap mandiri |
2 |
|
|
|
4. Tidak
pernah menunjukkan sikap
mandiri |
1 |
|
3 |
Gotong Royong |
1.
Sangat sering menunjukkan sikap gotong royong |
4 3 2 1 |
|
|
|
1. Sering
menunjukkan sikap gotong
royong |
|
|
|
|
2. Pernah
menunjukkan sikap gotong
royong |
|
|
|
|
3. Tidak
pernah menunjukkan sikap
gotong royong |
|
|
4 |
Kritis |
1.Sangat sering menunjukkan sikap gotong royong
2.Sering menunjukkan sikap gotong royong 3.Pernah menunjukkan sikap gotong royong 4.Tidak
pernah menunjukkan sikap
gotong royong |
4 3 2 1 |
|
|
|
SKOR MAKSIMUM |
12 |
Keterangan Penilaian
Sikap
4 = BS, 3
= B, 2 = C, 1 =
K
12– 16 : Baik Sekali
12– : Baik
8-
12 : Cukup
≥ 6 : Kurang
Kisi-Kisi
dan Instrumen
1. Kisi-kisi
Soal
|
No |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Level |
|
1 |
Siswa mampu
menyebutkan jenis aksara
Legena |
Uraian |
C1 |
|
2 |
Siswa mampu menyebutkan sandhangan swara |
Uraian |
C2 |
|
3 |
Disajikan kata sederhana beraksara Jawa,
siswa mampu menganalisis jenis
sandhangan swara yang ada dalam
kalimat |
Uraian |
C3 |
|
4 |
Disajikan kata sederhana beraksara Jawa, siswa mampu menganalisis jenis sandhangan swara ada dalam kalimat. |
Uraian |
C3 |
|
5 |
Siswa mampu
membuat kalimat beraksara Jawa yang
mengandung sandhangan swara |
Uraian |
C5 |
Soal
1.
Sebutna apa wae jinis aksara Jawa legena!
2.
Sebutna apa wae jinis sandhangan
sajrone aksara Jawa!
3.
Analisisen ukara ing ngisor iki!
4.
Analisisen ukara ing ngisor iki!
5. Gawea ukara
kang prasaja lan ukara kasebut kudu ngandhut sandhangan sajrone!
1.
Aksara Jawa Legena
2.
Sandhangan Swara
.
3.
Ukara kasebut
unine “Tuku mobil”. Ing njero ukara kasebut ana sandhangan swara suku uni “u”,
wulu uni “i”, lan taling tarung uni “o”
4.
Ukara kasebut
unine “iki bukune Sonia”. Ing njero ukara kasebut ana sandhangan wulu uni “i”,
suku uni “u”, taling tarung uni “o”, lan uga ana pangkon
5.
Pedoman penskoran:
|
Mengetahui, Kepala SMP Islam Al-Fattahiyyah |
Tulungagung, September 2022 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
|
H. M. Syafi’, M. Pd NIP. 19780922 200901 1 004 |
Farahanna Juliani, S. Pd NIP. - |
3. Penilaian Keterampilan
Penilaian Keterampilan
Aspek penilaian keterampilan
|
No |
Aspek
yang dinilai |
3 |
2 |
1 |
Keterangan |
|
1 |
Pangucapane tembung |
|
|
|
|
|
2. |
Intonasi |
|
|
|
|
|
3. |
Power |
|
|
|
|
|
4. |
Solah bawa |
|
|
|
|
Rubrik penilaian
ketrampilan
|
No |
Indikator |
Rubrik |
|
1 |
Pangucapane tembung |
3.
Mengucapkan atau melafalkan seluruh kata dengan baik 2.
Mengucapkan atau melafalkan kata dengan baik dan 1. Tidak mengucapkan atau melafalkan kata
dengan |
|
2 |
Intonasi |
3.
Sudah cocok semuanya 2. Sudah cocok namun ada beberapa bagian yang masih 1. Tidak cocok sama sekali |
|
3 |
Power |
3.
Suara peserta didik sudah pas 2.
Suara peserta didik sangat keras 1.
Suara peserta didik sangat pelan |
|
4 |
Solah bawa |
3. 3. Sangat baik 2. 2. Baik 1. 1. Kurang |
Pedoman penskoran:
|
Mengetahui, Kepala SMP Islam Al-Fattahiyyah |
Tulungagung, September 2022 Guru Mata Pelajaran |
|
|
|
|
H. M. Syafi’, M. Pd NIP. 19780922 200901 1 004 |
Farahanna Juliani, S. Pd NIP. - |
|
No |
Indikator Soal |
Bentuk Soal |
Level |
|
1 |
Siswa mampu
menyebutkan aksara Jawa
legena |
Uraian |
C1 |
|
2 |
Siswa mampu
menyebutkan sandhangan
aksara Jawa |
Uraian |
C2 |
|
3 |
Disajikan kalimat sederhana, dan siswa
menganalisis aksara dan sandhangan yang ada di dalamnya |
Uraian |
C3 |
|
4 |
Siswa mampu
membuat kalimat sederhana dengan menggunakan aksara
Jawa beserta sandhangannya |
Uraian |
C5 |
PITUDUH 1.
Wacanen LKPD kanthi permati 2.
Garapen LKPD kanthi wektu kang ditemtokake 3.
Nyuwun pirsa menawa ana bab kang
durung dingerteni
Tulisen
aksara Jawa legena kang kok apali! GLADHEN 1
aksara
pasangan lan sandhangan kang gambarake isine
gambar ing ngisor iki
GLADHEN 2 Tulisen
sandhangan swara kang kok apali
GLADHEN 3 Ukara ing
ndhuwur diwaca………………………………………………………… Uga ana sandhangan……………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………..sajrone
ukara ing ndhuwur
Gawea
ukara kang prasaja kanthi nggunakake aksara Jawa ngenani gambar ing ndhuwur
GLADHEN 4
Sawise iku, banjur wacanen asil garapan
klompokmu ing ngarep klas! Klompok sing ora maju banjur isa paring pamawas
sinambi mbiji klompok sing maju ing ngarep klas
Penilaian Keterampilan
|
No |
Aspek
yang dinilai |
3 |
2 |
1 |
Keterangan |
|
1 |
Pangucapane tembung |
|
|
|
|
|
2. |
Intonasi |
|
|
|
|
|
3. |
Power |
|
|
|
|
|
4. |
Solah bawa |
|
|
|
|
Rubrik penilaian
ketrampilan
|
No |
Indikator |
Rubrik |
|
1 |
Pangucapane tembung |
3.
Pangucapan ukarane wis bener kabeh 2.
Pangucapane wis bener nanging isih ana sing ora cocog 1. Pangucapane ora ana sing cocog |
|
2 |
Intonasi |
3.
Cocok kabeh 2. Wis cocog nanging ana saperangan sing durung cocog 1. Ora cocog blas |
|
3 |
Power |
3.
Swarane pas 2.
Swarane kebantere 1.
Swarane lirih banget |
|
4 |
Solah bawa |
3. Apik banget 2. Apik 1. 1. Kurang |
BAHAN AJAR AKSARA JAWA LAN SANDHANGANE KANGGE KLAS 7
SEMESTER GANJIL
Ing
kegiatan iki bocah-bocah diajab bisa mangerteni tatanan panulisane tembung sarta ukara nganggo aksara Jawa ing teks.
1.
Aksara Jawa Legena
Pangetrape Aksara Legena
2. Sandhangan Swara
3. Sandhangan Panyigeg Wanda
4. Sandhangan Wyanjana
MEDIA PEMBELAJARAN
1. Power Point
2. Flash Card yang berisi soal menulis dan membaca
aksara Jawa
YULINDA ATIKA SARI,S.Pd PPG DALJAB K
Tidak ada komentar:
Posting Komentar